TAK MAU DIGUSUR UMUR

Benarkah hanya pada masa muda orang bisa memulai segalanya? Kartini meninggal pada usia 24 tahun. Bayangkan, betapa mudanya ketika ia berangkat dengan ide-ide besar. Kemudian, pada awal abad ke-20, sejumlah organisasi yang namanya dimulai dengan Jong bermunculan. Hitung saja dari sejarah, berapa umur Muhammad Yamin atau Bahder Johan atau Dr. Wahidin atau Bung Karno waktu memulai sesuatu – yang kemudian menjadi tonggak sejarah.

Masa perang kemerdekaan juga menyediakan momentum yang bagus untuk anak-anak muda. Tahun 1946, Panglima Divisi Siliwangi adalah seorang pemuda bernama AH Nasution, umurnya 28 tahun. Aidit dan Nyoto memimpin PKI pada usia yang belum genap 20 tahun. Dan mereka berhasil membawa partai itu mencapai kejayaannya.

Tapi, dengarkan kata-kata Kong Hu Cu ini: “Pada umur 15, aku mengamalkan diri untuk belajar kebijaksanaan; pada umur 30 aku tumbuh lebih kuat dalam kebijaksanaan; pada umur 40 aku tak lagi punya rasa ragu; pada umur 60 tak ada sesuatu pun di atas bumi yang bisa mengguncangkanku; pada umur 70 aku dapat mengikuti imlak hatiku tanpa mengingkari hukum moral.”

Bagi kita yang merasa “belum menemukan apa-apa” adakah kata “terlambat” untuk menorehkan prestasi? Dewasa ini, kita mendengar banyak cerita tentang orang-orang yang meraih kesuksesan justru ketika mereka sudah berumur. Bukankah Susan Boyle mencapai popularitas justru pada umur 47?

Iklan

6 thoughts on “TAK MAU DIGUSUR UMUR

  1. Yup, umur bukan menjadi masalah untuk suatu prestasi.
    Siapa tau makin berumur makin berprestasi 😀
    tetap semangat dan berkreasi 🙂

  2. @Zippy: John F Keneddy bilang bahwa “hidup dimulai pada umur 40 tahun”. Trims atas koment-nya, Brother!

  3. Saya suka banget kata-kata Kong Hu Cu yang “Pada umur 15, aku mengamalkan diri untuk belajar kebijaksanaan; pada umur 30 aku tumbuh lebih kuat dalam kebijaksanaan; pada umur 40 aku tak lagi punya rasa ragu; pada umur 60 tak ada sesuatu pun di atas bumi yang bisa mengguncangkanku; pada umur 70 aku dapat mengikuti imlak hatiku tanpa mengingkari hukum moral.”

    saya umur 20 belum hasilkan apa2 nih… ckckckck

  4. @Marchei: He he, sama, Jeng. Aku hampir 45 tahun, tapi juga belum dapat apa2 dan belum menghasilkan apa2

  5. “Masa perang kemerdekaan juga menyediakan momentum yang bagus untuk anak-anak muda. Tahun 1946, Panglima Divisi Siliwangi adalah seorang pemuda bernama AH Nasution, umurnya 28 tahun. Aidit dan Nyoto memimpin PKI pada usia yang belum genap 20 tahun. Dan mereka berhasil membawa partai itu mencapai kejayaannya.”

    Sungguh inspirational…!!!

  6. @agus heryana: Masih banyak lagi tokoh-tokoh yang bergerak dalam usia belia. Tulisan pendek ini tak cukup untuk memuat kisah heroik mereka. trims sudah koment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s